Kamis, 07 Juli 2011

Seputar Ucapan (كرم الله وجهه)

Fatwa ( Fatwa No :21675 Bagian : 26, Halaman : 43 )

Pertanyaan ke tiga :
Apakah hukum perkataan (كرم الله وجهه) -semoga Allah memuliakan wajahnya- kepada sahabat Ali bin Abi Thalib ?
Apakah di dalam kalimat ini membuat dia ali bin abi thalib lebih utama dibanding sahabat yang lain (sahabat Nabi -shalallohu alaihi wasallam-)? Maka bila aku mengatakan, (كرم الله وجوه الصحابة أجمعين) -semoga Allah memuliakan wajah-wajah semua sahabat), maka apakah tidak mengapa di dalam kalimat tersebut?



 
Jawaban :
Mengkhususkan Ali bin Abi Thalib رضي الله dengan doa baginya yaitu (كرم الله وجهه), maka ini adalah dari perbuatan orang Rafidhah yang mereka berlebih-lebihan dalam masalah ini. Maka wajib bagi ahlussunnah untuk tidak mengikuti (menyerupai orang rafidhah) mereka di dalam berlebih-lebihan terhadap sahabat Ali. Dan tidak pula mengkhususkan hanya kepada sahabat Ali bin abi Thalib رضي الله dengan doa ini dan merendahkan kedudukan saudara-saudara ali yang lain dari para sahabat Nabi yang mulia, seperti Abu Bakr, 'Umar, 'Utsman dan selain mereka رضـي الله عـن الصحابة أجمعين

Dan adapun mengamalkan doa yang anda katakan ini yang ditujukan untuk seluruh para sahabat, maka hal ini tidaklah mengapa, akan tetapi doa tersebut bukanlah do'a-do'a yang ma'tsur (yang disebutkan oleh para salaf). Dan telah menjadi kebiasaan diantara kaum muslimin yaitu memohon kepada Allah agar meridhai mereka dengan kalimat رضـى الله عـنهم, sebagaimana telah datang di dalam Al-Qur'an yang mulia : رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ . (Allah telah meridhai mereka, dan mereka (para sahabat Nabi shalallahu 'alaihi wasallam) juga telah meridhai Allah.


وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء

الرئيس : عبد العزيز بن عبد الله آل الشيخ
عضو عبد الله بن غديان
عضو صالح الفوزان
عضو بكر أبو زيد

sumber : http://www.alifta.com/Fatawa/FatawaChapters.aspx?View=Page&BookID=3&PageID=10098&back=true
(terjamahan masih jauh dari sempurna, semoga Allah menjadikan baik hati kita)
http://www.frewaremini.com

| Mau Kembali Keberanda? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberi Respon yang Baik