Sabtu, 07 Juni 2014

Mendengar Jawaban Dari Orang Lain Saat Ujian

Barang siapa yang mendengar jawaban pada saat ujian, dan dia tidak bermaksud melakukan kecurangan maka tidaklah mengapa dia menulis jawaban yang didengar tersebut, karena sesungguhnya rizki telah datang kepadanya dengan tanpa harus bersusah payah.

======================================================

Faqihul 'asr asy-syaikh Ibnu 'utsaimin rahimahullahu ta'ala berkata :
seorang murid dihadapkan pada kondisi penting (maksudnya menghadapi ujian), dimana dia menulis jawaban dan dia tidak bermaksud curang pada setiap keadaan dari keadaan-keadaan yang ada. Akan tetapi pada suatu keadaan dia telah mendengar seseorang dari teman disebelahnya yang berbisik : Jawabannya adalah begini dan begitu, dan jawaban itu benar, maka apakah boleh untuk menukil (menulis) jawaban tersebut ataukah tidak diperbolehkan?







Kami katakan : Hanya saja Allahlah yang mengaruniakan ilmu kepadanya, ini adalah bentuk rizki yang datang kepadanya dengan tanpa susah payah, maka tidak masalah untuk menulis jawaban tersebut. Kendatipun sekiranya dia mengira bahwasanya dia tidak mengetahui jawaban tersebut sehingga diapun menulisnya. Karena sesungguhnya dia tidak berusaha berbuat curang dan tidak mencurangi.

(al-liqa' asy-syahri 1/61)
http://www.frewaremini.com

| Mau Kembali Keberanda? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberi Respon yang Baik