Senin, 04 Juli 2011

Ingin Berjihad, Tapi Ibuku Tidak Menyetujuinya

Pertanyaan kedua dari Fatwa no. 4300 

Pertanyaan :
Saya seorang pemuda yang sudah menikah. saya mempunyai anak perempuan dan orang tua sayapun masih hidup. Saya berencana berangkat ke Afghanistan untuk berjihad (berperang di jalan Allah) namun orang tuaku (ibu) keberatan. Dia beralasan kepadaku dengan mengatakan bahwa ia tidak memiliki anak lain selain aku dan dia hanya memiliki satu anak perempuan yang sudah menikah menikah. Apakah saya harus mematuhi ibu saya atau saya tetap berangkat dan meninggalkannya?




Jawaban :
Dari Abu Hurairah, ada seseorang yang dating kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk meminta izin berjihad. Nabi pun bertanya, “Apakah orang tua Anda masih hidup?” Orang itu menjawab, “Ya.” Nabi berkata, “Hendaknya kepada keduanya Anda berjihad.” [Shahih: Shahih Al-Bukhari no. 3004; Shahih Muslim no. 2549] Dengan demikian, mematuhi dan mentaati ibumu harus lebih kamu utamakan daripada berangkat ke Afghanistan untuk berjihad.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء

الرئيس ; عبد العزيز بن عبد الله بن باز
عضو : عبد الله بن غديان
عضو : عبد الله بن قعود

sumber : http://www.alifta.net/Fatawa/FatawaChapters.aspx?View=Page&BookID=3&PageID=9826&back=true
(terjamahan masih jauh dari sempurna, semoga Allah memperbaiki hati kita)

http://www.frewaremini.com

| Mau Kembali Keberanda? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberi Respon yang Baik