Sabtu, 29 Oktober 2011

Hadits Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam, Hadits Qudsi dan Al-qur'an

Syaikh Shalih Fauzan ditanya :

Fadhilatus syaikh, apakah perbedaan antara hadts qudsi dengan hadits nabi ? dan apapula perbedaan antara al-qur’an dan hadits qudsi ?





Jawaban :

Hadits Qudsi adalah apa-apa yang Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam telah meriwayatkan dari Rabbnya dengan lafadz dan maknanya dari Allah. Adapun hadits nabi maka dia adalah apa-apa yang Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam telah telah mengatakannya (lafadznya dari Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam) sedangkan maknanya dari Allah ‘azza wajalla, dan ini adalah perbedaan antara hadits qudsi dan hadits nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam.

Dan perbedaan antara hadits qudsi dan alqur’an masing-masing diantara keduanya merupakan Kalamullah, akan tetapi alqur’an itu adalah (riwayatnya) mutawatir, sedangkan hadits qudsi terkadang tidaklah status keberadaan (riwayatnya) adalah mutawatir, terkadang berupa khabar ahad, terkadang keberadaan (riwayatnya) lemah, dan terkadang keberadaan (riwayatnya) hasan. Maka hadits qudsi dikategorikan masuk ke dalam hadits yang bukan hadits qudsi (yaitu hadits nabi) dari sisi periwayatan. Maka adapun al-qur’an, sesungguhnya dia adalah riwayat yang mutawatir dengan kesepakatan (ulama) kaum muslimin, dan disinilah letak perbedaan itu. Dari perbedaan yang lain (antara hadits qudsi dan alqur’an) bahwasanya al-qur’an dapat dipakai untuk beribadah dengan membacanya pada waktu shalat maupun di luar shalat, berbeda dengan hadits qudsi tidak bisa dipakai untuk beribadah dengan membacanya. Dan boleh saja meriwayatkan hadits qudsi dengan makna, adapun al-qur’an tidak boleh meriwayatkannya  dengan makna, namun harus meriwayatkan dengan lafadznya (al-qur’an) sesuai dengan yang datang dari lafadz yang diturunkan oleh Allah ‘azza wajalla. Dan juga al-quran tidak boleh disentuh (mushafnya) kecuali dalam keadaan suci, adapun hadits qudsi bahwasanya seseorang boleh-boleh saja menyentuhnya walaupun dia tidak dalam keadaan suci.

Dan Allahlah yang memberikan taufik (petunjuk), semoga Sholawat dan salam senantiasa tercurah kepada Nabi kita Muhammad.



http://www.frewaremini.com

| Mau Kembali Keberanda? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberi Respon yang Baik