Rabu, 03 Juli 2013

Menyambut Bulan Ramadhan dengan Doa yang Khusus


Pertanyaan :
Apakah ada do’a-do’a khusus dari Sunnah Nabi saat memasuki bulan Ramadhan yang diberkahi oleh Allah? Dan apakah kewajiban atas setiap muslim agar berdoa dengan doa tersebut pada saat malam (ramadhan)? Tolong berikan penjelasan kepadaku, barokallahu fikum.


Jawaban Syaikh DR. Shalih bin Fauzan (mufti resmi kerajaan Saudi Arabia):
Saya tidak mengetahui ada doa khusus yang diucapkan saat memasuki bulan Ramadhan. Hanya saja memang ada do’a yang bersifat umum dari pergantian bulan. Sebab sesungguhnya Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam dulu apabila beliau telah melihat hilal (bulan baru) pada bulan ramadhan maupun pada selain dari bulan ramadhan, beliaupun berdoa :

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالْإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ
Allaahumma Ahillahu 'Alainaa Bilyumni Waliimaani Wassalaamati Walislaami, Rabbii Wa Rabbukallaah
"Ya Allah, perjalankanlah bulan ini kepada kami dengan penuh kebajikan, iman, selamat dan Islam. Rabb-ku dan Robb-mu (bulan) adalah Allah."

Dan pada sebagian riwayat bahwasanya dulu rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dulu pernah  berdo’a :

اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالإِسْلاَمِ ، رَبِّى وَرَبُّكَ اللَّهُ
Allaahu Akbar, Allaahumma Ahillahu 'Alainaa Bilamni Waliimaani Wassalaamati Walislaami, Rabbii Wa Rabbukallaah
"Allahu Akbar, Ya Allah perjalankanlah bulan itu kepada kami dengan membawa keamanan dan keimanan, kesematan dan Islam. Rabbku dan Rabbmu (hai bulan) adalah Allah."

Inilah do’a yang warid saat melihat hilal pada bulan ramadhan ataupun selain bulan ramadhan.

Adapun mengkhususkan do’a tertentu terhadap bulan ramadhan saja dengan mengucapkan sesuatu tatkala memasuki bulan ramadhan, maka saya tidak mengetahui sesuatupun (dalil) mengenai hal itu (mengkhususkan do’a tertentu). Akan tetapi bila sekiranya seorang muslim tersebut telah berdoa (dengan suatu doa) karena merasa Allah telah memuliakannya dengan kedatangan bulan puasa dan untuk menyambut bulan puasa tersebut, maka tidak ada masalah dalam yang demikian itu, akan tetapi tidaklah seorang memuliakan (bulan puasa) dengan do’a yang dikhususkan.

sumber : http://www.al-forqan.net/fatawa/2777.html
http://www.frewaremini.com

| Mau Kembali Keberanda? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberi Respon yang Baik