Kamis, 01 Agustus 2013

Malam Seribu Bulan



Pertanyaan : 
Kami meminta penjelasan mengenai keutamaan sepuluh hari yang terakhir dari bulan ramadhan



Jawaban oleh al'alamah Ibnu Utsaimin rahimahullah:
10 hari terakhir dari bulan ramadhan ini adalah seutamanya 10 hari dari bulan ramadhan. Oleh karena itu dahulu Nabi Shalallahu 'alaihi wasallam senantiasa mengkhususkan 10 hari itu dengan melakukan i'tikaf untuk meraih malam lailatul qadr. Sebab bahwasanya pada 10 hari yang terakhir itu terdapat lailatul qadr, yang Allah berfirman mengenai lailatul qadr tersebut :

{لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ}
“(malam kemuliaan) lailatul qadr itu lebih baik daripada 1000 bulan.” (al-qadr : 3)

Dan Nabi shalallahu 'alaihi wasallam senantiasa mengkhususkan pada malam-malam bulan ramadhan untuk mengerjakan shalat malam (tarawih) dan selalu memanjangkan pada shalatnya baik itu bacaannya, ruku'nya dan juga sujudnya. Dan bila salah seorang shalat (tarawih) bersama imam maka hendaknya dia terus shalat bersama imam hingga imam telah selesai, karena sesungguhnya Nabi shalallahu 'alaihi wasallam bersabda :

 من قام مع الإمام حتى ينصرف كتب له قيام ليلة
Barang siapa yang mengerjakan shalat bersama imam (jama'ah tarawih) sampai imamnya selesai, maka dicatat baginya shalat sepanjang malam.

Dan beranjak pada hari yang terakhir dipenguhujung berakhirnya ramadhan hendaknya dia bertakbir kepada Allah 'azza wajalla, dan hendaknya dia membayar zakat, karena firman Allah ta'ala :

{وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ}
"Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu bertakbir (mengagungkan) Allah atas petunjuknya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur." (albaqarah 185)

Dan karena ada hadits Nabi shalallahu 'alaihi wasallam di dalam masalah zakat fitrah ini yangmana barangsiapa yang menunaikannya sebelum sholat ‘ied maka itu zakat yang diterima. Dan Nabi shalallahu 'alaihi wasallam memerintahkan agar menyalurkan zakat sebelum shalat idul fitri.


http://www.frewaremini.com

| Mau Kembali Keberanda? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberi Respon yang Baik