Sabtu, 13 April 2013

Seluruh agama mengajarkan kebaikan, lantas kenapa saya harus tertarik dengan ajaran Islam ??


Pertanyaan :

Seluruh agama pada dasarnya mengajarkan pengikutnya untuk melakukan perbuatan baik. Apa alasan seseorang itu harus mengikuti ajaran Islam saja? Bolehkah dia tidak mengikuti salah satu agama?






DR. Zakir Naik menjawab :



1. Perbedaan mendasar antara agama Islam dengan kebanyakan agama yang lain.



Seluruh agama pada dasarnya mengajarkan manusia untuk menjadi manusia yang baik dan melarang dari perbuatan jahat. Tapi Islam lebih dari sekedar yang demikian. Islam menuntun kita kepada metode yang tepat (praktis, pen) untuk mencapai kebenaran dan menghilangkan kejahatan dari kehidupan pribadi dan masyarakat kita. Islam mempertimbangkan sifat alami manusia dan masalah yang berkembang pada umat manusia. Islam merupakan petunjuk dari Sang Pencipta itu sendiri (yang memahami kondisi makhlukNya, pen). Oleh karena itu, Islam juga disebut Dienul Fitrah (agama yang sesuai dengan naluri alami manusia).



2. Kita ambil satu contoh, Islam mengajarkan kita untuk menghindari perbuatan merampok (mencuri) dan sekaligus memberikan metode untuk menghilangkan aksi perampokan (pencurian).



  1. Islam mengatur solusi menghilangkan aksi pencurian

    Seluruh agama yang ada mengajarkan bahwa pencurian termasuk tindak kejahatan. Demikian juga Islam mengajarkan hal yang sama. Lantas apa perbedaan antara Islam dan agama yang lain? Perbedaannya terletak pada fakta bahwa Islam, selain mengajarkan manusia bahwa mencuri itu adalah keburukan, juga memberikan bimbingan mengenai cara yang tepat untuk menciptakan kondisi sosial yang baik di mana orang tidak akan mencuri.



  1. Islam menetapkan Zakat



Islam menetapkan sistem Zakat (amal tahunan yang bersifat wajib terkait harta). Agama Islam mengatur bahwa setiap orang yang memiliki simpanan harta melebihi dari nisaab (kadar minimal harta yang wajib dikeluarkan zakat, pen) yaitu lebih dari senilai 85 gram emas, maka harus memberikan 2,5% tiap tahun dari simpanan hartanya jika telah mencapai satu tahun. Bila setiap orang kaya di dunia memberikan zakat dengan ikhlas, maka kemiskinan akan diberantas dari dunia ini, sehingga tidak adalagi orang mati kelaparan.



  1. Potong tangan sebagai hukuman terhadap aksi pencurian



Islam mengatur hukum potong tangan kepada pelaku perampokan. Al-qur’an yang mulia menjelaskan dalam Surat Al Maidah:



وَالسَّارِقُ وَالسَّارِقَةُ فَاقْطَعُوا أَيْدِيَهُمَا جَزَاءً بِمَا كَسَبَا نَكَالًا مِنَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

“Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan kedua pencuri itu (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Al Maidah 38)

Mungkin ada orang yang diluar Islam mengatakan : “Hukum potong tangan pada abad sekarang tidak relevan, maka Islam termasuk ajaran yang sadis dan kejam!”



  1. Kebaikan optimal yang dicapai bila mengimplementasikan ajaran Islam dalam kehidupan.

    Negara Amerika menjadi salah satu negara paling maju di dunia. Sayangnya, amerika juga menjadi salah satu negara dengan peringkat kriminal tertinggi, termasuk tindak pencurian dan perampokan. Misalkan saja salah satu syari'at Islam diterapkan di Amerika yaitu setiap orang kaya memberikan zakat setiap tahun (2,5% dari harta simpanannya yang nominalnya melebihi senilai 85 gram emas, yang diberikan jika telah genap harta itu selama setahun), dan setiap perampok dihukum dengan potong tangan sebagai konsekuensi dari kejahatannya. Apakah tingkat pencurian dan perampokan meningkat di Amerika tetap sama atau menurun? Jelas akan menurun. Selain itu, dampak dari keberadaan undang-undang yang tegas akan mencegah dari potensi tindakan perampokan.



Saya sependapat bahwa jumlah perampokan yang terjadi di dunia saat ini begitu luar biasa jumlahnya, yang jika tangan semua perampok (pencuri) itu dipotong, maka akan ada puluhan ribu perampok yang kehilangan tangannya. Sebenarnya permasalahannya adalah bahwa saat anda menerapkan syariat ini tindakan perampokan akan segera menurun. Orang yang berpotensi akan melakukan perampokan, menjadi berpikir ulang untuk merampok, karena bagian dari anggota tubuhnya akan hilang sebagai konsekuensi dari kejahatannya. Sehingga bayangan akan hukum potong tangan itu sendiri akan mencegah sebagian besar tindakan perampokan. Maka hampir tidak akan ada lagi orang yang berpikir menjadi perampok. Oleh karena itu sekiranya hukum potong tangan itu diterapkan maka hanya beberapa tangan perampok saja yang hilang, tetapi dampaknya jutaan orang akan hidup damai tanpa takut dirampok.

Dengan demikian Syariat Islam itu adalah metode yang tepat (praktis) dan sebagai solusi yang optimal.



3. Contoh lain, Islam melarang pelecehan kepada perempuan dan pemerkosaan terhadapnya. Hal ini menjadi salah satu alasan diwajibkannya jilbab dan menetapkan hukuman mati untuk pemerkosa



a.      Islam mengatur metode praktis menghilangkan pelecehan dan pemerkosaan

Semua agama besar yang ada menyatakan bahwa pelecehan dan pemerkosaan perempuan sebagai kejahatan besar. Islampun mengajarkan hal yang sama. Lalu apakah perbedaan antara Islam dan agama yang lain? Perbedaannya terletak pada fakta bahwa Islam tidak hanya berbicara mengenai menghormati perempuan, atau membenci pelecehan dan perkosaan sebagai kejahatan besar, tetapi juga memberikan panduan yang jelas mengenai bagaimana masyarakat dapat memberantas kejahatan tersebut.

b. Hijaab (penghalang) untuk pria

Islam memiliki aturan Hijaab (penghalang). AlQur'an yang mulia pertama menyebutkan hijab untuk pria dan kemudian untuk wanita. Hijab untuk laki-laki disebutkan dalam ayat berikut:



قُل لِّلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِم وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ ْ

“Katakanlah kepada laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat"” (An Nur 30)



Ini perintah bagi seorang pria yang hendak memandang wanita, lantas ada pemikiran jorok atau suatu hal yang buruk datang ke pikirannya, maka ia harus menundukkan (memalingkan, pen) pandangannya.



c. Hijaab untuk perempuan



Hijaab bagi perempuan disebutkan dalam ayat berikut :



وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ وَلا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ

“Katakanlah kepada para wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka,…..” (An Nur 31)



Lebarnya jilbab bagi seorang wanita adalah mampu menutupi tubuhnya secara utuh. Satu-satunya bagian yang boleh terlihat, adalah wajah dan ujung jari hingga pergelangan tangan. Bahkan jika mereka ingin menutup wajahnya, mereka dapat menutupi bagian tersebut. Sampai beberapa ulama Islam berpendapat tegas bahwa wajah harus ditutupi.



d. Hijaab melindungi dari tindakan pelecehan



Salah satu alasan (hikmah, pen) mengapa Allah menetapkan Hijaab bagi wanita yaitu terdapat dalam alquran surat al ahzab :



يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Al Ahzab 59)



Al Qur'an menyatakan bahwa hijab telah ditetapkan bagi para wanita, sehingga mereka diakui sebagai perempuan sederhana dan ini akan mencegah mereka dari gangguan.



e. Misalkan dua saudara kembar



Bila dua saudara perempuan yang kembar dan mereka berdua sama-sama cantik, kemudian berjalan menyusuri jalan. Salah satunya memakai hijab Islam yaitu seluruh tubuhnya ditutupi kecuali wajah dan tangan jari tangan hingga pergelangan tangan, dan saudara kembar lainnya mengenakan rok mini atau celana pendek. Di sudut jalan ada berandalan yang menunggu kesempatan untuk menggoda seorang gadis. Lantas siapa yang akan digoda? Apakah gadis yang mengenakan jilbab Islam ataukah gadis yang mengenakan rok mini atau celana pendek? Sehingga Pakaian yang masih mengekspos bagian tubuh tertentu, dapat mendorong lawan jenis tergoda sehingga menimbulkan pelecehan, penganiayaan dan perkosaan. Al Qur'an jelas menyatakan bahwa hijab mencegah wanita dari gangguan.



f.       Hukuman mati bagi pemerkosa

Syari'at Islam menetapkan hukuman mati bagi pemerkosa. Non Muslim mungkin ngeri membayangkan hukuman yang keras seperti itu di zaman sekarang ini. Sehingga sering kali banyak orang menuduh Islam sebagai ajaran yang kejam dan biadab. Saya telah banyak mengajukan beberapa bentuk pertanyaan terkait hal itu kepada ratusan pria non-Muslim. Anggaplah memang Tuhan melarang pemerkosaan, kemudian seandainya seseorang memperkosa istri anda, anak, ibu atau saudara perempuan anda dan anda kemudian diberikan hak untuk menjatuhkan hukuman kepada pemerkosa tersebut. Lantas pemerkosa dibawa di depan Anda. Apa hukuman yang akan anda berikan? Seluruh dari mereka mengatakan, "kami akan membunuh dia". Yang lain mengatakan dengan lebih kejam, "kami akan menyiksa dia sampai mati". Jika istri anda atau ibu anda diperkosa anda ingin si pemerkosa harus dihukum mati, lantas mengapa jika istri atau ibu orang lain diperkosa, anda menganggap hukuman mati adalah hukuman yang kejam? Mengapa anda punya standar ganda?



g.     Amerika Serikat memiliki tingkat kasus perkosaan yang tinggi

Amerika Serikat memang menjadi salah satu negara paling maju di dunia. Sebuah laporan dari FBI pada tahun 1990 menyatakan bahwa 102.555 kasus perkosaan yang telah dilaporkan. Lebih lanjut, dikabarkan bahwa hanya 16% dari kasus perkosaan yang dilaporkan. Dengan demikian, untuk mengetahui jumlah tingkat perkosaan yang sebenarnya terjadi pada tahun 1990, yaitu angka yang dilaporkan harus dikalikan dengan 6,25 (16%). Kami mendapatkan total 640.968 kasus perkosaan yang terjadi pada tahun 1990. Jika total tersebut dibagi dengan 365 jumlah hari dalam setahun, kita mendapatkan rata-rata 1.756 insiden pemerkosaan setiap harinya.



Kemudian ada laporan lain mengatakan bahwa rata-rata 1900 kasus perkosaan yang terjadi di Amerika Serikat setiap hari. Menurut Survey National Crime Victimization, Biro Statistik Keadilan (Department Kehakiman Amerika) pada tahun 1996 saja ada 307.000 kasus perkosaan yang dilaporkan. Hanya 31% dari kasus perkosaan yang sebenarnya yang dilaporkan. Jadi, 307.000 x 3,226 = 990.322 perkosaan terjadi pada tahun 1996. Artinya, rata-rata 2.713 kasus pemerkosaan terjadi setiap hari di Amerika pada tahun 1996. Sehingga tiap 32 detik ada satu kasus pemerkosaan terjadi di Amerika. Mungkin pemerkosa di Amerika menjadi lebih berani. Laporan FBI tahun 1990 mengatakan bahwa dari kasus perkosaan yang dilaporkan hanya 10% dari pemerkosa yang ditangkap, dan ternyata hanya 1,6% dari perkosaan yang dilakukan sebenarnya. Dari mereka yang ditangkap, ada 50% yang dibiarkan bebas sebelum persidangan. Ini berarti bahwa hanya 0,8% dari pemerkosa menghadapi persidangan. Dengan kata lain jika seseorang melakukan pemerkosaan 125 kali, kemungkinan dia akan mendapatkan hukuman untuk kasus perkosaannya hanya sekali. Banyak orang akan menganggap ini hanyalah sebuah spekulasi yang baik. Namun ada laporan lain mengatakan bahwa orang-orang yang menghadapi sidang, 50% menerima hukuman penjara kurang dari satu tahun, meskipun undang-undang di Amerika menyatakan bahwa kasus perkosaan diberikan hukuman tujuh tahun penjara. Untuk pemerkosa, hakim sering memberikan toleransi. Bayangkan seseorang melakukan pemerkosaan125 kali, maka kemungkinan dihukum hanya sekali, dan 50% dari para hakim akan memberikan kelonggaran hukum pagi pemerkosa dan memberikan hukuman kurang dari satu tahun!



h.     Kebaikan optimal yang dicapai bila mengimplementasikan ajaran Islam dalam kehidupan.

Misalkan salah satu syari'at Islam diimplementasikan di Amerika. Setiap kali ada pria yang hendak memandang perempuan kemudian ada pemikiran jorok atau hal yang tidak baik yang datang ke pikirannya, maka ia segera menurunkan tatapannya. Lalu setiap wanita diharuskan memakai jilbab Islam, yang seluruh tubuhnya ditutupi kecuali wajah dan jari tangan hingga pergelangan tangan. Selanjutnya jika ada orang yang berani melakukan pemerkosaan, maka dia mendapat hukuman mati. Pertanyaannya adalah, akankah tingkat pemerkosaan di Amerika meningkat, akan tetap sama atau akan menurun? Tentu jawabannya akan menurun. Syariat Islam memang adalah sebuah solusi.



4. Islam memiliki solusi yang efektif untuk masalah kemanusiaan

Islam adalah aturan terbaik untuk hidup karena ajaran-ajarannya tidak dogmatis, tetapi memiliki retorika sebagai solusi  efektif untuk masalah ummat manusia. Islam memberi solusi yang optimal baik di itu ditingkat individu dan masyarakat. Islam adalah aturan terbaik untuk hidup karena Islam adalah agama yang mudah dan universal tidak terbatas pada kelompok etnis atau kebangsaan.


diterjemahkan bebas dari : http://www.irf.net
pinjam gambar dari : http://www.paseban.com 
http://www.frewaremini.com

| Mau Kembali Keberanda? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberi Respon yang Baik