Jumat, 17 Juni 2011

“Sebaik-Baik Lauk”

 
“Sebaik-Baik Lauk Adalah Cuka”




Mungkin kita pernah mendengar mengenai hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari sahabat Jabir Ibnu Abdullah radhiyallahu ‘anhu, yaitu :

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَأَلَ أَهْلَهُ الْأُدُمَ فَقَالُوا مَا عِنْدَنَا إِلَّا خَلٌّ فَدَعَا بِهِ فَجَعَلَ يَأْكُلُ بِهِ وَيَقُولُ نِعْمَ الْأُدُمُ الْخَلُّ نِعْمَ الْأُدُمُ الْخَلُّ

Dari Jabir bin Abdullah menceritakan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam meminta lauk kepada istrinya-istrinya, lalu mereka menjawab : "Kita tidak punya apa-apa selain cuka." Beliau menyuruh diambilkan (cuka itu), lalu beliau makan dengan cuka tersebut sambil bersabda : 'Sebaik-baik lauk adalah cuka, sebaik-baik lauk adalah cuka'.” (HR. Muslim).

Walaupun hadits itu pada dasarnya dilatar belakangi sikap Rosulullah shalallohu ‘alaihi wasallam yang ingin menjaga perasaan istri beliau, hal itu berdasarkan perkataan istri beliau “Kita tidak punya apa-apa selain cuka”. Sehingga Rasulullah berusaha menentramkan hati mereka dengan memuji apa yang disuguhkan istri beliau dari apa yang yang ada, kendati yang tersedia hanya sekedar cuka.

Namun demikian, ternyata perkataan Rosulullah shalallohu ‘alaihi wasallam 'Sebaik-baik lauk adalah cuka, sebaik-baik lauk adalah cuka' memang benar-benar memiliki banyak hikmah, karena setiap perkara yang rosulullah shalallohu ‘alaihi wasallam puji tentu memiliki kebaikan . Sehingga kita ketahui bersama sahabat Jabir sejak mendengar Rosulullah bersabda seperti itu, beliaupun menjadi suka terhadap cuka, Jabir berkata; 'Aku menyukai cuka sejak aku mendengarnya dari Nabiyullah shallallahu 'alaihi wasallam. Dan Thalhah berkata; Aku menyukai cuka sejak aku mendengarnya dari Jabir. (Diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Shahihnya nomor3825). Demikianlah bukti kecintaan beliau para sahabat rodiyallohu ‘anhum dalam meniti jejak Rosulullah shalallohu ‘alaihi wasallam
kendati bukanlah termasuk suatu perkara yang dianjurkan memakan cuka, namun yang kita petik dari hadits tersebut adalah semangat para sahabat rodiyallohu ‘anhum dalam menjadikan Rosulullah shalallohu ‘alaihi wasallam sebagai suri tauladan dalam hidup mereka.

Kenyataannya ternyata cuka memang banyak manfaatnya, hal itu bila sesuai dengan takaran yang telah ditentukan oleh ahli medis. Diantara Cuka yang sering digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga adalah Cuka apel (apple cider vinegar). Cuka apel menjadi paling populer penggunaannya di rumah tangga karena banyak manfaatnya.  Apakah Anda ingin menggunakan cuka apel, cuka putih atau bentuk lain? Cairan  yang menakjubkan ini menawarkan banyak manfaat kesehatan.

    Rambut: Cuka sari apel organik baik untuk membuat rambut anda lebih bersinar , dan juga membantu untuk mengatasi ketombe. Namun disarankan anda menggunakan cuka apel organik karena sebagian besar cuka yang ada dipasaran diproduksi secara massal, sehingga sari cuka apel tersebut telah banyak mengalami rangkaian proses, yang berdampak hancurnya banyak vitamin dan kandungan yang lain, yang sebenarnya hal tersebut sangat dibutuhkan.

    Kutil: Kutil diobati dengan asam salisilat, kandungan zat ini sering ditemukan pada obat penghilang kutil. Pada cuka putih mengandung asam asetat, yang bekerja sama seperti asam salisilat. Jadi, jika Anda menderita kutil, oleskan pada kutil dengan cuka putih. Anda mungkin harus melakukan ini lebih dari sekali.

    Tekanan darah: Cuka sari apel memiliki kandungan potasium, yang membantu untuk mengencerkan darah,  sehingga dapat menurunkan tekanan darah anda. Minuman satu atau dua sendok cuka sari apel dapat membantu untuk mengontrol tekanan darah anda.

    Kolesterol: Cuka sari apel juga memiliki banyak serat, yang membantu menyerap kolesterol dan lemak dalam tubuh dan mengusir lemak alami sebagai limbah dalam tubuh.

    Arthritis: Sebagian besar kasus radang sendi umumnya disebabkan oleh kristal asam yang menggumpal dalam sendi. Campur cuka sari apel dengan madu, sedikit air hangat, dan minum untuk membantu melarutkan kristal ini. Sayangnya hal ini tidak dapat langsung menyembuhkan, dan kristal asam tersebut akan bereformasi. Tapi setidaknya cuka dan madu dapat membantu meringankan rasa sakit.

    Masalah Mulut: Berkumurlah dengan air sedikit hangat bersama cuka sari apel untuk membantu melawan bakteri, infeksi dan bau mulut.. Hal ini juga baik untuk sakit tenggorokan dengan cara berkumur dan sedikit ditelan.

    Menjaga berat badan Anda: Cuka anggur merah tidak memiliki sodium, tidak mengandung lemak serta tanpa kolesterol dan terbaik dari semua cuka yang ada, cuka ini tidak ada kalorinya. Yang membuatnya menjadi makanan yang ideal adalah untuk suguhan bersama salad, atau bahkan sebagai perendam daging atau sebgai pengganti saus sandwich, hal ini berlaku bagi kita yang perlu untuk mengontrol apa yang kita makan.

    Antioksidan: Cuka balsamik terbuat dari anggur, hal ini berarti mengandung banyak senyawa yang sama dalam jus anggur, dan sari anggur membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan kerusakan sel dan penyakit jantung, kanker dan banyak lagi.

    Kulit terbakar karena sinar matahari (Sunburn): Sering beraktifitas di bawah sinar matahari terlalu lama? Yang menyebabkan kulit Anda berwarna merah, kering dan menyakitkan? Tuangkan saja cuka atau oleskan pada kulit untuk membantu meringankan rasa sakit dan menyembuhkannya secara perlahan.

    Diabetes: Banyak yang menderita diabetes tipe 2 dan resisten terhadap insulin. Penderita tersebut  telah melaporkan bahwa penggunakan cuka untuk meningkatkan sensitivitas insulin mereka. Namun selalu pastikan untuk memeriksa dengan dokter anda sebelum mencoba hal ini. 

Referensi :
http://www.frewaremini.com

| Mau Kembali Keberanda? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberi Respon yang Baik