Selasa, 08 November 2011

Manipulasi Para Penganut Faham Takfiry


Manipulasi para penganut paham takfiry terhadap nash ilmiah ad diniah (تلاعب أصحاب الفكر التكفيري بالنص العلمي والديني)

Oleh : Asy Syaikh Doktor Kholid Al 'Anbariy د. خالد العنبري

لقد اطلعتُ على كتب عدة لمجموعة من الغلاة في قضية تكفير الحكام بالقوانين الوضعية وبعد دراسة هذه الكتب دراسة متأنية، ومقارنة ما أوردوه من نصوص بالمصادر التي نقلوا منها وأحالوا عليها اتضح أنَّهَا تحتوي على إخلال بالأمانة العلمية فيما نقلوه عن علماء أهل السنة والجماعة، وتحريف للأدلة عن دلالاتِهَا التي تقتضيها اللغة العربية ومقاصد الشريعة، ومن ذلك ما يلي:

Saya telah menela'ah banyak kitab untuk mengumpulkan dari para ekstrimis dalam urusan takfir berhukum dengan Undang-Undang Buatan, dan setelah mempelajari kitab-kitab ini dengan hati-hati, dan membandingkan pada apa-apa yang mereka datangkan dari nash-nash dengan sumber-sumber yang mereka menukil darinya dan mencoba berhujjah atas nash tersebut. Maka menjadi jelaslah, bahwa apa yang dinukil tersebut mengandung banyak kesalahan dalam hal amanah ilmiah pada apa yang mereka nukil dari para ulama ahlus sunnah wal jama'ah, dan merubah-rubah dalil-dalil dari petunjuknya yang mana bahasa arab dan ma'na secara syar'i menunjukannya.



Dan diantaranya sebagai berikut :

1- تحريف معاني الأدلة الشرعية

ومن أمثلة ذلك تحريفهم لمعنى الآية الكريمة: {وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنزَلَ اللَّهُ فَأُوْلَئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ}. وأخذهم بظاهرها، وانتزاعهم منها الحكم بكفر من حكم بالقوانين الوضعية بغير جحود للشريعة الإسلامية، وقد اتفق أهل السنة على تكفير من جحد الحكم بالشريعة الإسلامية دون من لَمْ يجحد ونسب العلماء القول بظاهر هذه الآية لفرقة الخوارج المارقة. وفي ذلك يقول القرطبي في "المفهم" (5/118) بعد أن نسب القول بظاهر هذه الآية للخوارج: "ومقصود هذا البحث أن هذه الآيات المراد بِهَا أهل الكفر والعناد، وأنَّهَا وإن كانت ألفاظها عامة، فقد خرج منها المسلمون؛ لأن ترك العمل بالحكم مع الإيمان بأصله هو دون الشرك، وقد قال تعالى: {إِنَّ اللَّهَ لاَ يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ}. وترك الحكم بذلك ليس بشرك بالاتفاق، فيجوز أن يغفر، والكفر لا يغفر، فلا يكون ترك العمل بالحكم كفرًا".

1. (TAHRIF) MERUBAH MAKNA-MAKNA DALIL DALIL SYAR"IY

Dan diantara contoh dari tahrif mereka pada makna ayat yang mulia : {وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنزَلَ اللَّهُ فَأُوْلَئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ} [Artinya : Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir]. Dan mereka mengambil secara zhohirnya. dan mencabut darinya hukum kufur dari orang yang berhukum dengan Undang-Undang Buatan dengan tanpa juhud terhadap Syariat Islam. Dan Ahlus Sunnah BERSEPAKAT atas kafirnya orang yang JUHUD (MENENTANG,INGKAR) dan BUKAN pada orang yang TIDAK JUHUD. Para Ulama telah menisbatkan perkataan dengan mengambil zhohir dari ayat terebut kepada firqoh khowarij. Dan telah berkata Al Qurthuby tentang pemahaman ayat tersebut (5/118) setelah menisbatkan perkataan dengan mengambil zhohir ayat ini kepada Khowarij :
Dan maksud pembahasan ini bahwasanya pengertian ayat-ayat ini adalah Ahlul Kufr dan Ahlul Inaad (penolak syari'at/orang kafir). dan sesungguhnya meskipun lafazh-lafazhnya umum, akan tetapi kaum muslimin tidaklah termasuk di dalamnya, Karena meninggalkan amal berhukum (terhadap apa yang diturunkan Allah) BERSAMA MENGIMANI TERHADAP KEASLINYA (KEWAJIBANYA) ADALAH BUKAN SYIRIK. Dan telah dikatakan : {إِنَّ اللَّهَ لاَ يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ} [Artinya : Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya].  Dan meninggalkan berhukum (terhadap apa yang diturunkan Allah) bukanlah syirik dengan KESEPAKATAN. Maka orang tersebut boleh untuk diampuni, dan orang kafir tidak diampuni, maka tidaklah meninggalkan beramal terhadap hukum Allah adalah kekafiran

وقال الجصاص في "أحكام القرآن" (2/534): "وقد تأولت الخوارج هذه الآية على تكفير من ترك الحكم بما أنزل الله من غير جحود".
Al Jashoosh dalam Ahkamul Qur'an (2/534) mengatakan : Orang-orang khowarij telah mentakwil ayat ini untuk mengkafirkan orang yang meninggalkan berhukum terhadap apa yang diturunkan Allah dengan tanpa juhud.

وقال أبو المظفر السمعاني "في تفسيره" (2/42): "واعلم أن الخوارج يستدلون بِهَذه الآية، ويقولون: من لَمْ يحكم بما أنزل الله فهو كافر. وأهل السنة قالوا: لا يكفر بترك الحكم".
Abul Muzhaffar As Sam'aaniy berkata dalam tafsirnya (2/42) : Dan ketahuilah bahwasanya Khowarij beristidlal (mengambil dalil) dengan ayat ini, mereka mengatakan : Barang siapa yang tidak berhukum dengan apa yang diturunkan Allah maka dia kafir. Dan Ahlus Sunnah mengatakan : TIDAK KAFIR dengan meninggalkan berhukum dengan apa yang di turunkan Allah.

وقال أبو عمر بن عبد البر "في التمهيد" (17/16): "وقد ضلت جماعة من أهل البدع من الخوارج والمعتزلة فاحتجوا... من كتاب الله تعالى بآيات ليست على ظاهرها، مثل قوله: {وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنزَلَ اللَّهُ فَأُوْلَئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ}.
Abu Umar ibn Abdil Barr berkata dalam At Tamhiid (17/16) : Sekelompok dari ahlul bida' dari Khowarij dan Mu'tazilah telah tersesat, mereka berhujjah dengan Al Quran dengan ayat-ayat YANG BUKAN dipahami dari zhohirnya. semisal : {وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنزَلَ اللَّهُ فَأُوْلَئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ}.

وقال صاحب "تفسير المنار" (6/406): "أما ظاهر الآية فلم يقل به أحد من أئمة الفقه المشهورين، بل لَمْ يقل به أحد قط".
Berkata pemilik tafsir Al Manaar (6/406) : Adapun zhohir dari ayat tersebut (Al Maidah :44) maka TIDAKLAH ADA seseorang dari para imam fiqih yang masyhur mengatakan dengannya. bahkan SAMA SEKALI TIDAK ADA seorang pun yang mengatakannya.

ونسب القول بظاهر الآية إلى الخوارج أيضًا الإمام الحافظ أبو بكر الآجري المتوفى سنة (360هـ) في كتاب "الشريعة" (27) وأبو يعلى الحنبلي في "مسائل الإيمان" (340) وأبو حيان في "تفسيره" (3/493) وغيرهم.
Dan Imam Al Hafizh Abu Bakar Al Aajurry (wafat tahun 360 H) dalam kitab Asy Syarii'ah (27)  dan Abu Ya'la Al Hanbaliy dalam Masaail Al Iimaan (340) dan Abu Hayyan dalam tafsirnya (3/493) dan selain mereka, menisbatkan perkataan dengan zhohir ayat tersebut kepada Khowarij.

ومن أمثلة ذلك أيضًا تحريفهم لمعنى قوله تعالى: {فَلاَ وَرَبِّكَ لاَ يُؤْمِنُونَ حَتَّى يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ}. فقد ذكر أهل السنة أن معنى قوله: {لاَ يُؤْمِنُونَ}. لا يستكملون الإيمان، أما الخوارج فهم الذين أخذوا بظاهره، وقالوا بنفي أصل الإيْمان؛ ولذلك قال شيخ الإسلام بن تيمية -رحمه الله- في "منهاج السنة" (5/131). "وهذه الآية مما يحتج بِهَا الخوارج على تكفير ولاة الأمر الذين لا يحكمون بما أنزل الله". يعني: من غير جحود.
Dan diantara contoh-contoh tahrif mereka juga pada ma'na firman Allah : {فَلاَ وَرَبِّكَ لاَ يُؤْمِنُونَ حَتَّى يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ} [Artinya : Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan]. Padahal Ahlus Sunnah telah menyebutkan bahwa ma'na firman Allah : {لاَ يُؤْمِنُونَ}. adalah TIDAK SEMPURNA IMANNYA. Adapun Khowarij maka merekalah yang mengambil secara zhohirnya, dan mengatakan hilangnya asal Iman, oleh karena itu Syaikhul Islam ibn Taimiyah -rahimahullah- dalam Minhajus Sunnah (5/131) mengatakan : Dan AYAT INI ADALAH AYAT YANG DIGUNAKAN UNTUK BERHUJJAH OLEH KHOWARIJ UNTUK MENGKAFIRKAN para penguasa yang tidak berhukum dengan apa yang diturunkan oleh Allah, yakni : yang mereka tidak juhud.

2- التصرف في بعض النصوص المنقولة عن أهل العلم حذفًا أو تغييرًا على وجه يفهم منه غير المراد أصلاً:

يقول ابن تيمية في "منهاج السنة" (5/130): "فهؤلاء إذا عرفوا أنه لا يجوز الحكم بغير ما أنزل الله، فلم يلتزموا ذلك، بل استحلوا أن يحكموا بخلاف ما أنزل الله فهم كفار، وإلا كانوا جهالاً، والحكم بما أنزل الله واجب".

2. (TASHORRUF) MEMBUANG SEBAGIAN NASH-NASH YANG DINUKIL DARI AHLI ILMU, BAIK DIBUANG ATAU DIRUBAH DARI SISI MAKNA YANG BERBEDA DARI ASLINYA

Berkata Ibnu Taimiyah dalam Minhajus Sunnah (5/130) : Mereka itulah jika mengetahui bahwa tidak boleh berhukum dengan selain apa yang diturunkan Allah, maka mereka tidak mematuhinya, bahkan mereka menghalalkan untuk berhukum dengan selainnya , maka mereka itu kafir. DAN JIKA TIDAK KAFIR MAKA MEREKA ITU JAHIL. Dan berhukum terhadap apa yang diturunkan Allah wajib.

فقد نقل هذا النص المهم مؤلف كتاب العلمانية: (683) إلى قوله: "فهم كفار". وحذف ما بعده، ووضع صاحب كتابي "إن الله هو الحكم" (34) و"الطريق إلى الخلافة" (55) عدة نقاط بدل قوله : "وإلا كانوا جهالاً"!!. وهذه خصلة تبكي لها عيون الإسلام!!.
Nash yang penting tersebut telah dinukil dari penulis kitab Al 'Almaaniiyyah (683) hanya sampai perkataan : "maka mereka itu kafir". Dan membuang perkataan selanjutnya. Dan penulis kitab Innallah huwal hukmu (34), dan At Thoriiq ilal Khilaaf (55) meletakkan banyak point yang menggantikan perkataan : "dan jika tidak kafir maka mereka itu jahil". Kelakukan seperti ini telah membuat orang yang mempunyai perhatian terhadap islam menangis!!!

3- تفسير بعض مقالات أهل العلم بما لا يوافق مقاصدهم:

مثال ذلك ما نقله كثيرون من هؤلاء المكفرين للحكام بالقوانين الوضعية بإطلاق ودون تفصيل من قول شيخ الإسلام بن تيمية في مجموع فتاواه (3/267): "والإنسان متى حلل الحرام المجمع عليه، أو حرم الحلال المجمع عليه، أو بدل الشرع المجمع عليه، كان كافرًا مرتدًّا باتفاق الفقهاء".

3. MENAFSIRKAN SEBAGIAN PERKATAAN AHLI ILMU DENGAN MAKNA YANG TIDAK SESUAI.

Misalnya, apa-apa yang kebanyakan dari mereka para pentakfir menukil terhadap masalah Undang-Undang Buatan secara mutlak, tanpa tafshil (perincian) dari perkataan Syaikhul Islam ibn Taimiyyah dalam Al Majmu' Al Fatawa-nya (3/267) : Dan manusia ketika menghalalkan perkara haram yang disepakati atasnya. atau mengharamkan perkara halal yang disepakati atasnya atau mengganti syari'at yang telah disepakati atasnya, mereka menjadi kafir murtad dengan kesepakatan para fuqoha'

فقد احتج به صاحب كتاب "الحكم بغير ما أنزل الله أحواله وأحكامه" (341): على إجماع العلماء على تكفير كل من حكم بالقوانين الوضعية وإن لَمْ يستحل الحكم بِهَا، زاعمًا أن هؤلاء الحكام بدلوا الشرع المجمع عليه، ففسر التبديل بأنه مجرد ترك الشريعة الإسلامية والحكم بالقوانين الوضعية. والحق أنه لا يمكن فهم نصوص العلماء دون معرفة مصطلحاتِهِم، والتمييز بين مدلولاتِهَا المختلفة، وهذا الذي أوقع هؤلاء الغالين في أغلاط كبيرة ونتائج خطيرة. فمصطلح "التبديل" في لغة الفقهاء وعرف العلماء معناه الحكم بغير ما أنزل الله على أنه من شرع الله، وفي ذلك يقول ابن العربي في "أحكام القرآن" (2/624): "إن حكم بما عنده على أنه من عند الله، فهو تبديل يوجب الكفر". ولو أتم مؤلف هذا الكتاب كلام ابن تيمية إلى آخره لوجد ذلك واضحًا بعد سطور؛ إذ يقول في بيان أوضح من فلق الصبح: "والشرع المبدل: هو الكذب على الله ورسوله أو على الناس بشهادات الزور ونحوها والظلم البين، فمن قال: إن هذا من شرع الله فقد كفر بلا نزاع". والحكام بالقوانين الوضعية لَمْ يبدلوا الشرع المجمع عليه، ذلك بأنَّهُم لَمْ ينسبوا هذه القوانين إلى الشريعة الإسلامية، فهاهم أولاء يصرحون بأنَّهَا نتاج العقول البشرية: بريطانية كانت، أو فرنسية.
Pemilik kitab Al Hukmu bighoiri Maa Anzalallahu Ahwaaluhu wa Ahkaamuhu telah berhujjah dengannya pada halaman (341) : Atas Ijma'nya ulama terhadap kafirnya setiap orang yang berhukum dengan Undang-Undang Buatan dan meskipun tidak menghalalkan berhukum terhadap hukum tersebut, dengan dugaan bahwasanya mereka para hakim/orang yang berhukum mengganti syari'at yang disepakati atasnya, maka mereka menafsirkan Tabdiil (mengganti hukum) bahwa itu cuman meninggalkan syari'at islam dan berhukum dengan Undang-Undang Buatan saja. Dan yang benar bahwasanya tidak mungkin memahami nash-nash ulama tanpa mengenal istilah-istilah mereka. dan membedakn antara pengertian-pengertian yang berbeda. dan inilah yang menyebabkan mereka yakni orang-orang ghuluww tersebut di dalam kesalahan-kesalahan yang besar dan kesimpulan-kesimpulan yang berbahaya. Maka makna tabdil secara bahasa para ahli fiqh, dan para ahli ilmu yang mengerti maknanya adalah berhukum dengan selain apa yang diturunkan Allah YANG MANA DIA MENGANGGAP ITU DARI SYARI'AT ALLAH, pengertian tersebut sebagaimana dikatakan oleh Ibnul 'Arabiy dalam Ahkaamul Qur'an (2/264) : "Jika dia berhukum dengan hukum dari dirinya sendiri DENGAN MENGANGGAP BAHWA HUKUM TERSEBUT DARI ALLAH maka ia adalah TABDIIL (mengganti) yang mewajibkan kekufuran baginya." Dan meskipun muallif menyempurnakan pada kitab ini (Al Hukmu bighoiri....) perkataan ibn Taimiyyah sampai akhirnya maka dia akan mendapat padanya kejelasan setelah baris-baris selanjutnya, yaitu ketika Ibnu Taimiyyah mengatakan tentang kejelasan yang lebih jelas dari falaqnya subuh, : "Dan Asy Syar'u Al Mubaddal (Penggantian Syari'at) adalah : yaitu dia berdusta atas Allah dan Rasul-Nya atau atas manusia dengan PERSAKSIAN PALSU, DAN YANG SEMISALNYA, DAN KEZHALIMAN YANG JELAS. Maka barang siapa yang mengatakan : SESUNGGUHNYA INI ADALAH DARI SYARI'AT ALLAH MAKA DIA KAFIR TANPA PERSELISIHAN." Dan hakim-hakim/orang-orang yang berhukum dengan Undang-Undang Buatan tidak mengganti Syari'at yang disepakati atasnya, hal itu karena mereka TIDAK MENISBATKAN Undang-Undang Buatan ini kepada Syari'at Islam, Maka disini mereka mengumumkan bahwasanya Undang-Undang tersebut adalah produk akal manusia : bisa jadi dari Inggris, atau Prancis.

4- الكذب على أهل العلم:

فمثال ذلك ما ذكره كتاب "التحذير من فتنة التكفير" (77) وكتاب "فتنة التكفير" (35) من قول الشيخ العلامة ابن عثيمين: "قد يكون الذي حمله على ذلك -أي: الحاكم- خوف من أناس آخرين أقوى منه إذا لَمْ يطبقه، فيكون هنا مداهنًا لهم، فحينئذ نقول: هذا كالمداهن في بقية المعاصي". فافترى أحد هؤلاء المكفرين للحكام بإطلاق في كتابه "الرد على العنبري" في طبعته الأولى (ص 23) وعكس مراد الشيخ بأن أضاف كلمة "كافر" فأثبته هكذا: "فحينئذ نقول: هذا كافر كالمداهن في بقية المعاصي".

4. BERDUSTA ATAS AHLI ILMU

Contoh dari hal itu adalah apa yang disebutkan dalam kitab At Tahdziir min Fitnah At Takfiir (77), dan kitab Fitnah At Takfiir (35) dari perkataan Syaikh Al Allamah ibn Utsaimin : " Bisa jadi dia yang membawanya atas hal tesebut (menggunakan hukum buatan -pent)  -yakni : hakim/orang yang berhukum- takut kepada manusia yang lain yang lebih kuat darinya, jika tidak mempraktekkannya (hukum buatan tersebut -pent). maka disini dia mencari muka/menjilat terhadap mereka. Maka ketika hal itu kami mengatakan : "Ini adalah seperti mencari muka pada pelaku maksiat". Maka salah seorang dari mereka yaitu para pentakfir mengada-ada terhadap hakim-hakim/orang-orang yang berhukum tersebut secara mutlak dalam kitabnya Ar Radd ala Al 'Anbariy cetakan pertama  (hal 23) dan membalikkan maksud Asy Syaikh (penulis -pent) bahwasanya dia menyandarkan (meletakkan tambahan -pent) kata "kaafir (كافر)" dan dia menetapkannya seperti itu. Maka ketika itu kami mengatakan : Ini adalah Kafir seperti mencari muka pada pelaku maksiat."

ومثال ذلك أيضًا قول صاحب كتاب: "إن الله هو الحكم" (70) "إن كل من تكلم من العلماء بقول: "كفر دون كفر". قد اتفقت كلمتهم على أن المراد بِهَذا القول هم ذلك الصنف من الحكام الذين قبلوا أحكام الله ورسوله، ولَمْ يتخذوا شريعة مغايرة لها، لكنهم قد يخالفون في بعض الوقائع بدافع الهوى أو الشهوة...". ولقد نقلت كتب التفسير ما ورد عن ابن عباس وطاوس وعطاء وزين العابدين وغيرهم في تفسير الآية الكريمة: {وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنزَلَ اللَّهُ فَأُوْلَئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ}. قولهم فيها: كفر دون كفر. ولَمْ تنقل عنهم ألبتة ما ذكره هذا الكاتب!!.
Dan contoh lain juga, perkataan penulis kitab Innallaha huwal hukmu (70) : "Sesungguhnya setiap orang yang berbicara dari kalangan ulama dengan perkataan : kufrun duna kufrin. Telah disepakati perkataan mereka bahwa maksud dari perkataan ini adalah mereka pada macam tersebut adalah termasuk hakim-hakim/orang-orang yang berhukum yang menerima hukum-hukum Allah dan Rasul-Nya, dan tidak mengambil syari'at yang berlainan bagi mereka, akan tetapi mereka berselisih pada sebagian pemraktekkan yang ada karena dorongan hawa nafsu atau syahwat..... Dan dinukil kitab tafsir pada perkataan yang datang dari Ibn Abbas dan Thawuus, dan Atha' dan Zainal Abidiin dan selain mereka pada tafsir ayat yang mulia : {وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنزَلَ اللَّهُ فَأُوْلَئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ}. Mereka para mufassirin berkata tentang ayat tersebut. Kufrun duna kufrin. Dan tidak dinukil dari mereka sama sekali apa yang disebut oleh penulis ini!!

5- دعواهم إجماع أهل السنة على كفر من حكم بغير ما أنزل الله في التشريع العام ولو بدون استحلال

وهذا محض افتراء على أهل السنة منشؤه الجهل أو سوء القصد، نسأل الله العافية: وهذا أمر خطير للغاية، يجرئ الناس على تكفير الحكام، ثم تكون الفتن والدماء، وقد اتفقت كتب هؤلاء المكفرين على هذه الدعوى المدمرة، وأذكر هؤلاء بضرورة التوبة إلى الله من ذلك، ومراجعة أهل العلم الموثوقين -وهم كثير وفي كل مكان والحمد لله-؛ ليتعلموا منهم ويبينوا لهم زلاتِهِم، ونسأل الله للجميع الهداية والتوفيق والثبات على الإسلام والسنة.

5. KLAIM MEREKA ATAS IJMA" AHLUS SUNNAH ATAS KAFIRNYA ORANG YANG BERHUKUM DENGAN SELAIN APA YANG ALLAH TURUNKAN PADA PENGHUKUMAN YANG UMUM MESKIPUN DENGAN TANPA PENGHALALAN

Dan ini adalah PENGADA-ADAAN YANG MURNI ATAS AHLUS SUNNAH karena kebodohan atau niat yang buruk, Nas'alullah al Aafiyah : Dan ini adalah perkara yang mempunyai akibat berbahaya, mendorong manusia untuk mengkafirkan para hakim/orang yang berhukum, kemudian terjadilah fitnah dan pertumpahan darah, dan telah disepakati dari kitab-kitab mereka yaitu para pentakfir bahwa klaim ini adalah perusak. dan saya mengingatkan mereka untuk segera bertaubat kepada Allah dari hal tersebut, dan untuk kembali kepada Ahli ilmu yang terpercaya -dan mereka banyak ada di setiap tempat alhamdulillah-, dan agar mereka mempelajari dari para ahli ilmu dan agar para ahli ilmu menjelaskan pada mereka kesalahan mereka.

Kita memohon kepada Allah untuk semua hidayah dan taufiq dan kekokohan atas Islam dan Sunnah

sumber : http://www.fatwa1.com/anti-erhab/Hakmeh/anbri_talabalmokfreen.html 
Alhamdulillah selesai penerjemahan semata-mata atas taufiq dari Allah, kebenaran adalah dariNya, dan kesalahan adalah dari saya dan syaithon...

26 September 2011 (Abou saleemah)

http://www.frewaremini.com

| Mau Kembali Keberanda? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberi Respon yang Baik